Del Bosque Berpeluang Catat Sejarah


Del Bosque Berpeluang Catat Sejarah
Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque (REUTERS/Sergio Perez)
Selangkah lagi pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque akan menorehkan namanya dalam sejarah. Jika sanggup mengalahkan Italia, Minggu 1 Juli 2012 (Senin dini hari WIB), dia akan menjadi pelatih pertama yang sanggup menjuarai 3 titel bergengsi yakni Liga Champions, Piala Dunia, dan Piala Eropa.

Del Bosque sukses membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions musim 1999-00 dan 2000-01. Tangan dingin pria 61 tahun ini berlanjut saat menangani timnas Spanyol sejak 2008.

Saat itu La Furia Roja baru saja menjuarai Piala Eropa 2008. Namun di Piala Dunia mereka belum pernah menjadi juara. Del Bosque akhirnya sukses membawa trofi Piala Dunia 2010 untuk Spanyol, dengan mengalahkan Belanda 1-0 di partai final.

Hasil apik di Piala Dunia itu membawa Del Bosque sejajar dengan Marcelo Lippi sebagai pelatih yang sanggup menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia.

Del Bosque rupanya masih sanggup membawa kejayaan Spanyol di Piala Eropa 2012. Dia sukses membawa La Furia Roja ke partai final. Dia juga berpeluang membantu timnas Spanyol mencatat sejarah.

Jika Spanyol mengalahkan Italia, mereka akan menjadi tim pertama yang sanggup mempertahankan Piala Eropa. Spanyol juga akan menjadi satu-satunya tim yang sukses menjuarai tiga turnamen besar secara beruntun (Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012). (irb)

0 komentar:

Posting Komentar