Semi Final Keempat bagi "Seleccao"

Semi Final Keempat bagi "Seleccao" ANNE-CHRISTINE POUJOULAT / AFP Bomber Portugal, Cristiano Ronaldo (kanan), bersama gelandang Miguel Veloso merayakan kemenangan timnya atas Republik Ceko di perempat final Euro 2012 di Stadion Nasional, Warsawa, Kamis (21/6/2012). Berkat gol tunggal Ronaldo, Portugal melangkah ke semifinal. 
 
WARSAWA,  Dengan kemenangan 1-0 atas Republik Ceko, Portugal pun memastikan langkahnya  ke semifinal keempat Euro sepanjang sejarah portugal di ajang ini. Apa lagi rekor yang dicetak "Seleccao" dan para penggawanya?

* Tiga semifinal Euro Portugal lainnya adalah 1984, 2000, dan 2004. Dalam semifinal keempatnya, Portugal akan menunggu pemenang antara Perancis dan juara bertahan Spanyol.

* Berbekal enam gol Euro, Cristiano Ronaldo bergabung dengan raihan Zlatan Ibrahimovic, Thierry Henry, Ruud van Nistelrooy, Patrick Kluivert, dan seniornya di timnas Portugal, Nuno Gomes. Sementara koleksi dua legenda lainnya, Michel Platini (9 gol) dan Alan Shearer (7) masih di atas keenam pemain itu.

* Empat tembakan Ronaldo yang membentur tiang akan membuatnya melampaui rekor sembilan gol Platini jika semuanya bersarang ke gawang Ceko.

* Empat tembakan Ronaldo yang membentur tiang sendiri sudah melebihi raihan 15 kontestan Euro 2012 lainnya. Total peluang Swedia yang mengenai mistar atau tiang gawang hanya tiga kali, sementara Belanda dua.

* Ronaldo juga pernah membobol gawang Petr Cech ketika keduanya berjumpa di final Liga Champions 2008. Saat itu, Ronnie --sapaan Ronaldo-- masih berkostum Manchester United. Dalam adu penalti, Ronaldo gagal menaklukkan Cech.

* Michal Kadlec menjejaki pencapaian ayahnya, Miroslav. Keduanya sama-sama membela Ceko dan melawan Portugal di perempat final Euro. Bedanya, Kadlec senior memenangi laga dengan gol indah Karel Poborsky pada Euro 1996.

* Ronaldo sudah mengoleksi 94 cap bagi Portugal. Ia menyamai raihan Manuel Rui Costa sebagai pemain ketiga yang paling sering memperkuat "Seleccao". Dua legenda Portugal --Luis Figo (127 cap) dan Fernando Couto (110 cap)-- berada di atas kedua pemain itu.

* Fakta unik: saat menit ke-39 pertandingan melawan Ceko, Ronaldo genap berusia 9.999 hari dan mencapai 999 menit bermain di Euro.

* Sebelum perempat final Euro 2012, Ceko hanya memiliki lima tembakan yang mengarah ke gawang lebih banyak ketimbang yang dipunyai Ronaldo sendiri selama turnamen di Ukraina dan Polandia.

* Sebelum perempat final, Ceko hanya memilik peluang gol paling sedikit di antara tujuh tim lainnya. Armada Michal Bilek hanya total mengkreasi 13 peluang.

0 komentar:

Posting Komentar