Municipal Stadium: Mangkuk Kedap Suara

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Deodatus S. Pradipto
TRIBUNNEWS.COM - Suporter selalu memiliki makna khusus dan berperan penting dalam kemeriahan suatu pertandingan. Menariknya suatu pertandingan tidak dapat dilepaskan dari gemuruh penonton yang memadati stadion.
Municipal Stadium: Mangkuk Kedap Suara
Pertandingan sepakbola akan kehilangan maknanya ketika stadion tidak mengeluarkan gegap gempitanya. Bayangkan saja suatu pertandingan yang tidak dihadiri penonton, dijamain tidak akan menarik. Pemain yang bertarung di atas lapangan hijau pun akan kehilangan geregetnya.
Gelaran Euro 2012 yang akan dimainkan di Polandia dan Ukraina dijamin tidak akan terlepas dari gemuruh ribuan suporter yang memadati stadion. Namun gemuruh yang terlalu berisik membuat jalannya pertandingan terganggu.

Masih teringat ketika Robin van Persie mengaku tidak dapat mendengar peluit wasit ketika Arsenal bertanding melawan Barcelona di Camp Nou dan berujung pada kartu merah. Namun kejadian seperti itu sepertinya tidak akan terulang pada gelaran Euro 2012 ketika dimainkan di Municipal Stadium, Wroclaw, Polandia.

Stadion yang disebut Stadion Miejski oleh orang Polandia itu menjanjikan gemuruh suporter tidak akan mengganggu jalannya pertandingan. Municipal Stadium sengaja didesain layaknya mangkuk untuk menyerap suara kerumunan penonton. Pemain yang bertanding pun dijamin tidak akan mengeluh kebisingan ketika bermain di stadion yang menjadi kandang klub Polandia, Slask Wroclaw itu.
Municipal Stadium didesain khusus menghindari kegaduhan seperti yang terjadi di Piala Dunia 2010 ketika vuvuzela mendominasi gemuruh suporter tanpa mengurangi makna gemuruh suporter. Penonton Piala Dunia 2010 di balik layar kaca pun banyak mengeluhkan suasana pertandingan yang terlalu gaduh.

Municipal Stadium memang sengaja didesain untuk menyerap kebisingan yang ditimbulkan oleh gemuruh suporter tanpa melepas keriuhan suporter yang menjadi nyawa suatu pertandingan. Municipal Stadium saja dibuka oleh konser penyanyi asal Inggris, George Michael dan rencananya pada pertengahan Juli mendatang akan menggelar Rock In Wroclaw Festival yang salah satu perfomernya adalah band legendaris, Queen.

Stadion yang dibangun pada April 2009 hingga September 2011 itu tak hanya menyimpan gegap gempita di dalam, namun juga di luar. Salah satu ciri khas stadion berkapasitas 42.771 penonton itu adalah warnanya yang dapat berubah-ubah. Tak heran Municipal Stadium mendapat julukan Stadium Lantern.

Municipal Stadium memang mengambil ide utamanya dari lampion China. Desainnya yang megah dan unik membuat stadion terbesar keempat di Polandia itu mudah dikenali dan terintegerasi secara dinamis dengan kota Wroclaw yang dinamis dan penuh dengan bangunan-bangunan historis.

Stadion yang dimiliki oleh pemerintah kota Wroclaw ini memang mudah dikenali sehingga akan meninggalkan kenangan bagi mereka yang pernah memadati Municipal Stadium. Penyerang bengal Italia, Mario Balotelli tentu akan selalu mengenang stadion berciri khas lingkaran besi yang mengelilingi stadion itu. Pasalnya, gol perdananya untuk tim nasional Italia dicetak di stadion ini ketika Italia melakoni pertandingan persahabatan dengan Polandia, November 2011. Pertandingan yang dimenangkan oleh Italia 2-0 itu sekaligus merupakan pertandingan internasional pertama yang digelar di stadion yang memasang slogan “The Meeting Place” itu.

Municipal Stadium juga menjadi saksi bisu kemenangan petinju kelas berat asal Ukraina, Vitali Klitschko atas petinju Polandia, Tomasz Adamek. Pertandingan pada 10 September 2011 untuk memperebutkan titel WBC kelas berat itu merupakan gelaran pembuka Municipal Stadium.

Pertandingan pertama yang digelar di Municipal Stadium adalah pertandingan Ekstraklasa antara Slask Wroclaw versus Lechia Gdansk. Johan Voskamp mencetak gol tunggal kemenangan Slask Wroclaw, sekaligus mencetak gol perdana di stadion itu. Pada pertandingan pertama yang digelar di Municipal Stadium, juga tercetak rekor penonton, 44.771 yang berarti tiket ludes terjual.

Suporter yang memadati Municipal Stadium juga akan dimanjakan oleh 36 kios makanan, 256 stand cinderamata, restoran yang mampu menampung 1.600 orang, pusat kebugaran terbesar di Wroclaw, kasino, bar, ruang pertemuan, serta lahan parkir yang dapat menampung 4500 mobil. Wajar jika Municipal Stadium akan selalu bergemuruh dan mudah dikenali.

0 komentar:

Posting Komentar