Jasmani sehat, rohani kuat, ibadah giat penuh semangat


Ust. Suharsono LC
Ust. Suharsono LC

Ust. Suharsono LC
Anggota Dewan Syariah PKPU

lslam dengan segala kesempurnaannya mengajarkan seorang muslim agar senantiasa menjaga dan memanfaatkan kesehatan yang telah dlanugrahkan kepadanya. Karena sehat adalah nikmat dari Allah swt yang tak bisa dihitung dengan materi dan banyak orang melupakannya. Mereka akan lngat bahwa sehat itu nikmat ketika datang waktu sakit. Rasulullah saw pun mengingatkan hal itu kepada klta semua dengan tujuan agar kita senantlasa bersyukur atas nikmat tersebut. Beliau saw bersabda : ”Dua nikmat yang kebanyakan orang melalaikannya, nikmat sehat dan dan waktu Iuang."

Jasmani yang sehat akan mempengaruhi kekuatan rohani ketingglan maknawiyah ruhiyah yang menyebabkan ibadah menjadi giat penuh semangat. lnilah bukti bahwa Allah memberikan kesehatan bukan hanya untuk dinikmatl semata namunjuga dimanfaatkan untuk memaksimalkan ketundukkan dan ketaatan kita kepada Allah swr. Sementara yangjasmani tidak sehat atau dalam keadaan sakit ia tetap bisa beribadah hanya dlberikan kerlnganan dalam menunaikannya. l\/lisalnya sholat, bagi yang sehat, ia dapat menunaikannya keadaan sempurna yaitu berdiri dan melaksanakan semua syarat dan rukunnya. Sementara bagi yang sakit ia boleh untuk duduk dan jika masih tidak mampu boleh melaksanakannya dalam keadaan berbaring. Begitu juga dengan shaum atau puasa, hanya bagi yang sehatjasmaninya saja dapat berpuasa, sementara bagi yang sakit ia mendapatkan keringanan atau rukhsoh. 

Perhatian lslam terhadap kesehatan bukan sekedar teori-teori tentang urgensi dan manfaatnya saja tetapi juga dibuktikan dengan adanya hubungan antara ibadah yang dilakukan dengan manfaatnya dari sisi kesehatan, yaitu :

1. Menjaga kebersihan

Kebersihan dalam pandangan lslam bukan hanya sekedar bersih yang enak dipandang dan terhindar dari segala kotoran, tetapi bersih dalam pandangan lslam merupakan wujud dari kesucian dan cerminan iman. Berwudhu atau mandi adalah salah satu bukti perhatian lslam dalam menjaga kebersihan. Allah swt dan Rasul-Nya saw memerlntahkan kepada orang yang berlman ketika akan melaksanakan shalat agar bewudhu dengan mencuci kedua tangan, berkumur-kumur, istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung lalu mengeluarkannya kembali), mencuci muka dan kedua tangan, membasuh kepala dan ditutup dengan mencuci kedua kakl. Pakar kesehatan meneliti diantara manfaat isrinsyaq adalah meminimalisir terserang flu. Dan orang yang senantias menjaga kesuclannya aakan mendapatkan clnta dari Allah swt (2:222).

2. Konsumsi makanan halal

Faktor Iain dalam menjaga kesehatan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang halal dan baik. Konsumsi makanan halal dan balk bukan hanya bermanfaat balk kesehatan tetapijuga membawa keberkahan dan menjadi sebab amal dan doa kita diterima Allah swt. Bahkan makanan yang haram merupakan salah satu sebab amal dan doa tidak dlkabulkan Allah swt Dua hal tadi menunjukan sehat dalam lslam bukan hanya cerminan lisik tetapi berpengaruh terhadap optimalisasi dalam ibadah kepada Allah swt sehingga ruhiyah hubungan dekat dengan Allah swt. Oleh sebab itu menjaga kesehatan dengan niat agar optimal ibadah kepada Allah akan membawa manfaat dunia juga akhlrat.l

0 komentar:

Posting Komentar