Balotelli, Selebrasi Gol, dan King Kong

 Balotelli, Selebrasi Gol, dan King Kong
Mario Balotelli, pemain yang dikenal acap kali melakukan tindakan "nyeleneh” di dalam lapangan atau di luar lapangan, kembali melakukan aksi yang mengundang perhatian. Jutaan pasang mata tertuju padanya ketika beraksi dalam laga Italia melawan Jerman dalam laga semifinal Euro 2012 di Stadion Nasional, Jumat dini hari.

Pemain bernomor 9 itu tampil memukau dengan mencetak dua gol ke gawang Neuer. Dua golnya tercipta lewat proses yang spektakuler. Namun selebrasi golnya lebih sensasional. Terutama selebrasi gol keduanya kala ia melepaskan tendangan jarak jauh.

Selebrasi mencetak gol tentu menjadi hiburan tersendiri bagi para pemain dan penonton. Beberapa pemain juga memiliki ciri khas tersendiri. Balotelli pun juga memiliki ciri khas. Di Manchester City ia lebih sering tanpa ekspresi setelah mencetak gol, tersenyum pun tidak. Yang paling fenomenal adalah selebrasinya dengan baju bagian dalam yang bertuliskan »Why Always Me?”

Namun kali ini ia begitu emosional setelah mencetak gol. Gol pertama ia rayakan dengan berteriak sambil menarik-narik kaus bagian depannya. Sementara gol keduanya dirayakan dengan melepas baju sembari berdiri tegak dengan memamerkan otot-ototnya.

FIFA sendiri sudah mengeluarkan aturan, bahwa pemain yang melakukan selebrasi dengan menanggalkan kostumnya akan diganjar kartu kuning karena dianggap berlebihan. Balotelli pun akhirnya dihadiahi kartu kuning oleh wasit Stephan Lennoy.

Balotelli tak menjelaskan alasan selebrasinya itu. Ia justru menjelaskan bahwa rekan setimnya cemburu setelah melihat tonjolan otot tubuhnya. »Mereka tidak marah karena aku diganjar kartu kuning setelah melepas kostum,” kata Balotelli. »Mereka justru merasa iri setelah melihat tubuh saya.”

Sebelumnya Balotelli merayakan golnya ke gawang Republik Irlandia dengan aksi yang condong arogan. Ia menunjuk sekeliling stadion sambil berbicara, tapi aksinya keburu ditahan Leonardo Bonucci. Hal tersebut tak lepas dari aksi fans Irlandia yang menyorakinya ketika memasuki lapangan.

Aksi buka kostum Balotelli mengundang banyak tanya karena terkait dengan gambar kartunnya pada salah satu surat kabar Italia. Pemain berusia 21 tahun itu digambarkan sedang menaiki Big Ben, seperti adegan di film King Kong yang memanjat Gedung Empire State di New York.

Apakah selebrasi Balotelli menjawab gambar King Kong-nya? Atau Balotelli mengklaim lebih kuat daripada King Kong, seekor binatang fiksi gorilla yang bertubuh raksasa? Tapi sepertinya Balotelli tak mempedulikan soal gambarnya itu.

Mantan pemain Internazionale Milan itu lebih mengutamakan soal golnya yang dipersembahkan untuk ibunya. »Saya menghampiri ibuku pada akhir pertandingan. Itu adalah momen terbaik,” ujar Balotelli. »Saya mengatakan kepada ibu bahwa gol-gol itu untuknya.”

0 komentar:

Posting Komentar