Ditopang kampus, Alumni LP3I Tak Akan Mengaggur

A M Yusvan Paris, SE, SH, MM, MBA
A M Yusvan Paris, SE, SH, MM, MBA
Wawancara Kepala Kampus Polinas LP3I Cabang Makassar, A M Yusvan Paris, SE, SH, MM, MBA
PERKEMBANGAN bisnis yang demikian pesat saat ini, membutuhkan tenaga kerja profesional yang siap terjun di dunia usaha. Untuk memenuhinya diperlukan kejelian dalam mengenali dan menangkap setiap peluang usaha sebagai konsekuensi logis dari persaingan bisnis yang kian tajam dan beragam 

Menjawab tantangan tersebut, Polinas Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Makassar hadir melalui program-program pendidikan unggulannya dengan proses belqjar mengajar yang disajikan secara praktis, namun berkualitas. Siswa yang menuntut ilmu di LP3I diberikan kurikulum terbaik dan kompeten sehingga mereka siap menghadapi tantangan kerja
Berikut petikan wawancara Kepala Kampus Polinas LP3I Cabang Makassar A M Yusvan Pads, SE, SH, MM, MBA saat ditemui di kantornya, awal Juni 2012.

Hal apa yang paling ditekankan kepada muhasiswa LP3I?

Ada dua hal yang senantiasa ditanamkan kepada siswa, yaitu corporate culture dan inter-depending. Kedua hal tersebut sangat penting dalam membentuk mental siswa menghadapi dunia kerja serta berhadadapan dengan para profesional diluar.

Motivasi calon protesional penting diketahui untuk menyinkronkan nilai nilai yang ada dalam perusahaan dengan nilai-nilai yang ada dalam diri calon karyawan itulah tuiuan adanya corporate culture.

Kami memiliki visi menjadi institusi Pendidikan yang temenerus menyelaraskan kualitas pedidikannya dengan kebutuhan dunia keria dan pembentukan suniber daya manusia yang profesional, beriman, dan bertakwa.

Sedangan misi LP3I antara lain. mencetak sumber daya Manusia yang siap keria dengan kemampuan yang terampil dan professional dan membentuk kepiibadian Sumber Daya Manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha

Alhamudilillah, kami membuktikan kualitas dan semakin diakui masyarakat dengan meningkatnya jumlah inahasiswa setiap tahunnya.

Apa yang membedakan LP3I dengan perguruan tinggi lainnya?

Seperti perguman tinggi lainnya, kami memliki program studi, Tapi, LP3I memiliki banyak kegiatan ekstra kulikuler di antaranya Society of innovative and Creative English Student (SICES), organisasi bagi maliasiswa pencinta Bahasa Inggris, LP3I Computer Club (LCC), hingga Business Student association (BSA) yaitu organisasi bagi mahasiswa untuk mengeinbangkan bakat.

Apa peran organisasi mahasiswa itu dalam menopang tujuan peedidikan di LP3I ?

Banyak sekali khususnya di luarjalur akademik. Lewat organisasi mahasiswa ini yang setiap tahunnya meramaikan kampus. Mereka misalnya, menggelar event internal LP3I bertajuk “Campus Idol”. Tahun ini, event tersebut melibatkan seluruh inahasiswa LP3I untuk menunjukkan bakatnya di bidang tarik suara,fashion show, dan lain sebagainya.

Setelah mereka lulus kuliah, apa kampus masih bisa membantu alumninya?

Alumni LP3I tidak perlu khawatir tidak mendapat keija LP3I menopang alumninya inencarikan pekerjaan dengan menggandeng mitra pemsahaan. Mahasiswa yang tainat bisa langsung bekerja setelah menyelesaikan kuliahnya yang memang berorientasi siap kerja dan siap berwirausaha.

Kami punya metode Link & Match yang diterapkan LP3I. Metode ini diproyeksikan untuk mencetak entrepreneur sebanyak-banyaknya Selain itu, konsep pendidikan di LP3I relatif lebih unggul karena sangat memungkinkan pengembangan kurikulum dan selalu up to date sesuai dengan perkembangan dunia usaha dan industry.

Sejarah berdirinya LP3I memang dimotivasi oleh fenomena tidak tertampungnya lulusan pendidikan tinggi, terutama yang bergelar sarjana, Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalaminya langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980-an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta. Semua masih yakin bahwa model pendidikan yang diialankan (oleh perguruan tinggi) pada saat itu masih yang terbaik. Maka disitulah LP3I hadir sebagai solusi. 

Sejauh mana peran alumni di luar sekarang ini?

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyaralat luas. Pengakuan dari dunia industri tercemin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I Makassar. Kami berusaha utuk tetap mempertahankan kepercayaan masyarakat Makassar .

0 komentar:

Posting Komentar