Risiko duduk terlalu lama

 
Merupakan hal  yang sudah biasa duduk di depan komputer dalam waktu lama  bagi sebagian orang. Namun, ada pula yang tidak biasa. Bekerja di belakang  meja ataupun di lapangan sama-sama mempunyai risiko. Risikonya tentu pada  kesehatan tubuh kita.

pada  sebuah penelitian baru-baru ini, ditemukan jika wanita duduk terlalu lama, lebih dari tujuh jam sehari maka mempunyai risiko menderita penyakit diabetes tipe dua dari mereka yang lebih aktif. Hal ini karena wanita yang duduk lama mempunyai kadar insulin, hormon yang mengatur gula darah didalam tubuh lebih tinggi dari mereka yang aktif.

Prof Dr Harsinen Sanusi SpPD-KEMD mengatakan, yang dimaksud dengan diabetes tipe dua ialah suatu kondisi dimna tubuh tidak memproduksi insulin cukup atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. 


Agar dapa terhindar dari bahaya duduk terlalu lama  dan terhindar dari pelbaga macami penyakit khususnya penyakit diabetes yang disebabkab  telalu banyak duduk. Coba untuk berdiri atau bergerak setiap satu jam sekali. Sebab, kerja di kantor tidak berarti harus duduk seharian sampai saat makan siang atau pulang.

"Istirahat pendek, dapat mengurangi semua masalah atau penyakit yang akan timbul dikemudian hari. Ciptakan kegiatan yang memaksa Anda bergerak dari kursi Anda," lanjut Harsinen.  Caranya dengan menempatkan mesin photocopy atau tempat air minum jauh dari jangkauan sehinga memaksa kita untuk bergerak




0 komentar:

Posting Komentar