Langkah untuk membuat Contact Me atau Contact us pada blogger



contact form, juga kadang kadang atau yang juga dikenali atau disebut juga sebagai halaman "Contact Me" atau "Kontak Saya". ini ialah sebuah bagian  yang terpenting dari  sebuah blog yang yang memiliki fungsi sebagai media korenspondensi resmi dan bersifat pribadi. Meski telahh ada banyak media lain, tapi halaman kontak menjadi sebuah pilihan, sebab akan menjaga privacy bagi kedua belah pihak, yaitu pemilik blog dan visitor/pengunjung. Form ini juga berfungsi untuk menghindari spam yang terkirim melalui email.

Oleh sebab itu, agar terhidar dari resiko tersebut maka digunakanlah “contact form”. Untuk para blog Blogger/Blogspot, halaman ini secara default tak tersedia. Berbeda dengan WordPress dimana fitur ini telah terintegrasi dari awal. Tapi tak perlu khawatir karena, anda dapat membuatnya dengan beberapa “step” yang cukup sederhana, yaitu dengan memakai jasa Contact Form eksternal yang nantinya akan diinstal di halaman blog/website.

Langkah untuk membuat  Contact Me atau Contact us pada blogger:
1. Pilihlah satu dari beberapa  situs penyedia Email Contact Form yang ada di bawah ini yang sesuai dengan hati anda atau yang pas menurut anda J:
  1.         I.            123 Contact Form
  2.       II.             FormSpring    
  3.     III.             Kontactr       
  4.     IV.            PagePow        
  5.       V.             My Contact Form      
  6.     VI.             Email Me Form      
2. Trus Buatlah akun di salahsatu situs yang anda pilih lalu ikuti langkah langkahnya. Seluruh tutorial untuk memuat contact form  di situs-situs tersebut sudah  dibuat dengan sangat jelas jadi tidak perlu lagi disampaikan disini(waktunya tidak memadai J). Anda dapat mengatur tulisan, isi pesan, batasan kata, sampai  tampilan Form tersebut hanya dengan beberapa klik saja.

3. Setelah pengaturani selesai, salin kode yang telah anda dibuat di akun tersebut. Ada beberapa pilihan kode tersedia  yang bisa anda dipilih sesuka hati, untuk blog blogger/blogspot, pilihlah pilihan kode yang berjenis HTML atau yang berjenis Javascript dan bukan yang berjenis PHP..OK, jangan sampai salah, lkarena bisa berakibat fatal…..heheheheheh (lebay mode on)

Selanjutnya bagaimana Cara  Membuat Halaman Contact Form di Blog?=>

1. pertama Buatlah halaman posting baru dengan judul "Contact Me",/"kontak kami",/ "Hubungi kami" atau apalah yang anda sukai. disarankan jenis halaman yang anda gunakan adalah halaman statis / tidak bergerak (static page) dan bukan halaman posting yang seperti biasa. karena halaman ini akan bersifat "timeless"(tak lekang oleh waktu) atau tak berisi URL yang menunjukkan nama bulan atau tahun., halaman Contact Me Selain itu juga tidak membutuhkan optimasi search engine (SEO) seperti halnya halaman posting yang lain.

Cara untuk membuat halaman statis di blogger: *Dashboard -> New Post -> Edit Pages -> New Page.

2. lalu anda Klik "edit HTML" (letaknya ada disebelah pojok kanan atas kotak posting).
 
3. langkah selanjutnya Masukkan kode Contact Form yang telah anda dibuat tadi kedalam kotak postingan.

4. Untuk melihat hasilnya, cukup klik menu sebelahnya edit HTML "Compose" 

5. kalau sudah selesai hasilnya  bisa langsung disimpan saja atau anda bisa menambahkan beberapa tulisan lain sesuka hati anda.

6. lalu anda bisa mem- Publish nya.

7. terakhir anda bisa Pasang link secara manual ke link list blog anda, pada menu, atau tempat-tempat lainnya yang anda inginkan,..!

8. sleesaaiii….! Dan lihatlah hasilnya…!

selamat mencoba....!



0 komentar:

Posting Komentar