Hal yang perlu diperhatikan Dalam memilih Nama Domain




bercermin dari pengalaman pribadi beberepa blogger, kadang kala kita menemui kesulitan untuk menentukan nama domain yang pas. Kadang kala pula kita mendapatkan nama domain yang bagus namun ternyata tidak available untuk dibeli, (keburu diambil ama orang lain..makanya buruan..). karena  domain ialah, salah satu bentuk investasi awal dan modal untuk menjadi owner sebuah website, maka kita harus dapat memilih nama domain yang terbaik

masalah mengenai domain bukan hanya perkara nama semata. Tanpa  harus mengenyampingkan Optimalisasi situs  atau yang lebih familiar di telinga para blogger dengan SEO dan juga kualitas kontent,  maka faktor nama domain menjadi hal vital dan sangatlah penting untuk membuat situs anda selalu ramai dikunjungi para visitors. terdapat beberapa faktor  penting agar domain bisa menjadi kunci untuk membuat domain anda mendapat banyak pengunjung dan juga dpt mendongkrak SERP situs anda di mata Prof. Google yaitu:

1.            Usia/Umur Domain
Domain yang telah berumur akan cenderung lebih diperhitungkan oleh mesin pencari dibanding dengan domain yang masih muda. Terkadang anda beruntung mendapatkan domain yang baru anda beli ternyata cukup berumur karenadomain itu adalah  hasil dropped registration alias pemilik lama tidak lagi memperpanjang sewa domainnya.

2.            Keyword dan Niche Domain anda
Ini adalah hal yang boleh dikata cukup penting. boleh saja kita mendaftarkan nama domain khaliqbashar.info (kalau anda bernama khaliq bashar), tetapi faktanya akan lebih banyak orang yang datang ke situs anda jika nama domainnya khaliqbashar.info Sesuaikan nama domain anda dengan tema umum yang ingin dibahas. Jangan gunakan istilah Teknik di nama domain yang ditujukan untuk membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia kedokteran.
3.            TLD Domain (Top Level Domain)/ atau domain level atas.

Kasus terkini, salah satu domain gratisan CO.CC terkena penalty Google, namun sekarang telah di akui lagi oleh google. dulu Seluruh situs yang jumlahnya hampir mendekati angka jutaan kehilangan posisi di hasil pencarian Google (di de-index). bercermin pada kasus tersebut,  maka gunakanlah top domain terpercaya.

Google menyukain dan  dengan senang hati memberikan perlakuan khusus pada domain-domain .edu, .org, .com, .net, bahkan dengan kolaborasi optimasi lainnya .info juga sering menjadi jawara dimata Google (walau pun juga saya berhasil daftar adsense dengan menggunakan subdomain bogspot.com).

4.            Panjang Karakter Nama Domain,jika ini lebih ke faktor daya ingat manusia yang terbatas, maka Semakin pendek nama domain akan semakin mudah diingat oleh pelanggan situs kita. Empat atau Lima karakter menurut saya nilai batas yang masih mampu untuk saya ingat untuk karakter acak (contoh:qwasz.com), untuk karakter berupa kata-kata (contoh:khaliqbashar.info) 10-11 karakter adalah angka yang sudah maksimal.

Panjang Karakter Nama Domain sangatlah penting untuk memastikan bahwa masih banyak cukup ruang untuk title tulisan/situs nampang di hasil pencarian google. Total karakter yang masih mungkin ditampilkan (untuk title) adalah 60 karakter.

5.            Harga dan Fasilitas
Harga domain standar adalah sekitar USD 9 atau Rp.85.000, namun jika anda jeli anda bisa mendapatkannya dengan harga hanya 7 USD saja. Terkadang Domain bisa menjadi lebih mahal jika kita membelinya pada pihak ketiga (biasanya kalau domain masuk kategori no 1) atau menjadi lebih murah apabila penyedia jasa Domain sedang memberikan diskon.
Periksa juga fasilitas yang ditawarkan penjual domain,
Godaddy bida menjadi rujukan yang tepat untuk membeli domain, yang memiliki banyak penawaran menarik untuk mendapatkan domain murah dan jika anda ingin menjual domain dengan harga yang pantas.


0 komentar:

Posting Komentar