Akreditasi "B" Buat UNM






ban pt

 

“Universitas Negeri Makassar(UNM) meraih akreditasi institusi peringkat B. Kepastian itu diperoleh setelah Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) mengeluarkan surat bernomor 014/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012 tentang hasil Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi.”

Setelah melalui proses visitasi pada Desember 2010  yag lalu oleh tim assessor dari BAN-PT, akhirnya hasil akreditasi UNM telah keluar, dengan Hasil Akreditasi “ B” (Baik).  Ini dibuktikan dengan penerbitan SK BAN-PT dengan Nomor 014/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012 tentang hasil akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, yang dipublikasikan langsung melalui Website resmi BAN-PT yang di perbarui pada 13 Maret 2012 untuk lima tahun kedepan. Hasil akreditasi ini menjadikan   UNM akhirnya naik peringkat yang dulunya hanya mendapat akreditasi “C”,  oleh karena itu hasil ini sangat membanggakan bagi Civitas Akademik dan seluruh elemen keluarga besar UNM

Proses akreditasi ini mengacu pada 7 Standar Borang akreditasi yang telah diisi oleh panitia Akreditas Institusi, standar ini lau menjadi tolak ukur assessor dalam peninjauan lapangan atau Visitasi. ketua Tim akreditas Institusi prof Dr.H Fakhri Kahar, M.Si mengatakan “ sebagai salah satu syarat, UNM mengirimkan dokumen pelaporan mengenai apa saja yang dimiliki dan telah dilakukan dalam bentuk Borang dan Evaluasi Diri.” Ungkapnya yang juga selaku ketua pusat penjaminan mutu UNM,(20/03/2012).

Dokumen Borang dan Evaluasi diri ini yang menjadi acuan aasseor untuk di visitasi, dikirim  pada bulan Novemmber 2011 dan akhir desember baru ada Visitasi dari Assesor BAN PT yang berjumlah 5 orang, Sehingga hasilnya telah keluar.

Dari hasil akreditasi ini, para Dosen dan Pegawai akan memotivasi untuk dapat memberikan pelayanan kepada mahasiswa dengan baik,  dari peringkat ini akan dijadikan modal untuk semakin maju ke peringkat yang lebih tinggi. Fakhri Kahar mengatakan“ untuk meningkatkan hasil akreditasi menjadi “ A” masih perlu perbaikan dari berbagai aspek, untuk mendapatkan akreditasi “A” saja harus minimal 60% prodi yang telah terakreditasi A” (20/03/2012).Keberhasilan UNM untuk mendapatkan Akreditasi “B” ini itu tak lepas dari hasil kerja keras semua bidang yang ada di lingkungan sivitas akademika UNM mulai dari dosen, Pegawai serta mahasiswa sendiri.(hartoto/ict, ilham/ppm)

 

 





0 komentar:

Posting Komentar