85 Persen Pengapalan Smartphone dikuasai oleh Android dan Apple

 85 Persen Pengapalan Smartphone dikuasai oleh Android dan Apple  
Hasil riset terbaru dari perusahaan periset pasar International Data Corporation (IDC) menunjukkan ada empat ponsel pintar Android untuk setiap iPhone yang dikapalkan (didistribusikan) ke seluruh dunia pada kuartal kedua 2012.

"Android dan iOS (iPhone) menguasai 85 persen dari total seluruh ponsel pintar yang dikapalkan pada kuartal kedua 2012," demikian siaran pers IDC dalam situs resminya.

Di sisi lain, menurut IDC, BlackBerry dan Symbian yang merupakan dua pionir sekaligus mantan pemimpin pasar ponsel pintar, mengalami penurunan pangsa pasar hingga di bawah lima persen.

IDC mencatat pengapalan ponsel bersistem operasi Android di seluruh dunia pada kuartal kedua 2012 berjumlah 104,8 juta unit, ponsel Apple iPhone 26 juta unit, BlackBerry 7,4 juta unit, Symbian 6,8 juta unit, Windows Phone 5,4 juta unit, dan Linux 3,5 juta unit.

Sementara, pangsa pasar ponsel bersistem operasi Android pada kuartal kedua 2012 sebesar 68,1 persen yang diikuti Apple iOS (16,9 persen), BlackBerry (4,8 persen), Symbian (4,4 persen), Windows Phone (3,5 persen), Linux (2,3 persen), dan ponsel bersistem operasi yang lain (0,1 persen).

"Pasar mengapresiasi sejumlah model andalan dari produsen-produsen ponsel Android," kata Analis Penelitian Senior IDC, Ramon Llamas.

Analis lain IDC, Kevin Restivo, mengatakan meskipun mayoritas pengguna ponsel di seluruh dunia masih memakai ponsel berfitur, perang pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar masih jauh dari akhir.

"Masih ada ruang bagi sejumlah pemilik sistem operasi ponsel untuk meraih pangsa pasar meski usaha tersebut akan sulit mengingat penetrasi ponsel pintar terus meningkat," kata Restivo.

0 komentar:

Posting Komentar