Olah Raga

Saat ini, begitu banyak jenis olah raga yang bisa kita lakukan. Mulai dari olah raga ringan sampai yang berat. Contoh dari olah raga ringan adalah lari. Lari merupakan olah raga ringan yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja tanpa memerlukan biaya. Sementara, contoh dari olahraga berat adalah terjun payung. Terjun payung ialah olah raga yang memerlukan biaya cukup besar dan keahlian khusus.

Olah Raga

1.       Olah Raga Atletik

Atletik adalah cabang olah raga tertua atau induk dari segala cabang olah raga yang terdiri atas olah raga lari, lempar, dan lompat. Atletik dalam bahasa Yunani disebut athlos yang artinya lomba. Jadi, lomba atletik adalah kegiatan pertandingan dan lomba yang menggunakan kekuatan fisik, ketahanan, dan keterampilan.

a.       Lari Jarak Dekat (Sprint)

Sprint adalah olah raga utama dalam cabang atletik. Olah raga ini dilakukan dengan cara lari melintasi jarak yang bermacam-macam. Jarak lintasan lari yang dilakukan di dalam ruangan adalah 50 meter sampai dengan 60 meter. Sementara jarak lintasan lari yang dilakukan di luar ruangan dalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Para atlet harus siap di posisi masing-masing dan meletakkan kaki mereka dengan menggunakan suatu alat yang disebut starting blocks. Kemudian, atlet tinggal mengikuti aba-aba dari wasit, diikuti dengan tembakan ke udara. Tembakan udara tersebut adalah tanda bagi para atlet untuk segera berlari mencapai garis finish.

b.      Lari Estafet

Lari estafet adalah lari dengan jarak lintasan 400 meter. Lari estafet ialah perlombaan lari antar tim. Dalam cabang atletik, lari estafet merupakan satu-satunya lomba yang dilakukan secara beregu. Setiap regu beranggotakan 4 atlet lari. Biasanya pelari tercepat berada pada posisi terakhir.

Dalam perlombaan ini, kondisi yang mengkhawatirkan adalah ketika pelari memberikan  tongkat kepada pelari selanjutnya. Apabila tongkat tersebut jatuh, beberapa detik sudah terbuang percuma.

c.       Lari Maraton

Lari marathon merupakan salah satu jenis lari yang popular di kalangan masyarakat. Jarak lari marathon biasanya menempuh jarak 42 meter, bahkan ada juga yang 195 meter. Hal ini lah yang menarik perhatian banyak orang untuk menontonnya.

Misalnya saja lomba marathon tahunan yang berlangsung di Boston Massachusetts, Jerman, Inggris, London, Berlin, dan New York, berhasil menyedot ribuan orang untuk menenonton perlombaan tersebut. Hadiah yang disediakan oleh penyelenggara pun sangat menggiurkan. Nominal hadiahnya bisa jutaan rupiah atau ribuan dollar Amerika

d.      Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan salah satu olahraga yang memerlukan keterampilan khusus. Atlet harus bisa mlompat setinggi mungkin, agar bisa melewati mistar sesuai dengan ketinggian yang sudah ditentukan. Kondisi mengkhawatirkan dalam perlombaan ini ialah ketika atlet harus melompati mistar tanpa membuatnya terjatuh. Apabila tiga kali gagal melompati mistar tersebut, atlet akan didiskualifikasi.

e.      Lompat Jauh

Lompat jauh mungkin terlihat sangat sederhana. Tetapi dalam kenyataannya, tidak mudah melambungkan tubuh, supaya bisa mencapai jarak yang jauh. Atlet terlebih dahulu berlari dari jarak 45 meter, kemudian melompat ke dalam lintasan yang telah ditentukan.

f.        Lompat Galah

Meskipun lompat galah tidak terkenal, tapi olah raga ini mempunyai tingkat kesulitan khusus. Jika cara melompatnya salah, bisa saja galah tersebut mengenai tubuh atlet dan menimbulkan luka yang cukup serius.

Galah yang digunakan memiliki panjang sekitar 4 meter sampai dengan 5 meter. Pada awalnya, galah yang digunakan terbuat dari bambu. Tapi sekarang, galah yang digunakan terbuat dari fiberglass.

Setiap atlet memiliki tiga kali kesempatan untuk mencoba melewati mustar yang dinaikkan 8 cm sampai dengan 15 cm. Jika pada lompatan ketiga tetap gagal, atlet tersebut didiskualifikasi

g.       Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan olah raga yang memerlukan cakram. Cakram di sini berupa piringan logam seberat 2 kg untuk peserta laki-laki dan 1 kg untuk peserta perempuan.

Lempar cakram merupakan olah raga yang tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Ada beberapa teknik khusus yang harus dikuasai para atlet, supaya kekuatan lemparannya bagus dan jarak lempar yang jauh.

h.      Lempar Lembing

Dalam lempar lembing, atlet memegang lembing, lalu melemparnya setelah memulai gerakan sejauh 4 meter. Panjang lembing yang digunakan untuk atlet pria adalah 2260 meter. Sementara untuk atlet wanita panjangnya adalah 220 meter. Memerlukan ketahanan tubuh dan kekuatan fisik yang sempurna, supaya mampu melemparkan lembing dengan jarak yang sejauh-jauhnya.

2.       Olahraga Permainan

Olah raga permainan umumnya dilakukan secara berkelompok untuk bertanding dengan kelompok lainnya. Ada pun contoh olahraga permainan, antara lain sebagai berikut:

a.       Sepak Bola

Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim beranggotakan 11 orang. Tujuan dari permainan sepak bola ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit yang ukurannya 27-28 inci.
Dalam permainan ini dua tim tersebut harus berebutan bola, agar bisa menggiring dan memasukannya ke gawang lawan. Kondisi menegangkan dalam permainan ini adalah ketika pemain berusaha memasukkan bola ke gawang, tanpa tertangkap oleh kipper (penjaga gawang).

b.      Basket

Permaiann basket dilakukan oleh dua tim. Setiap tim mempunyai anggota berjumlah 5 orang. Kedua tim harus berebut bola masket yang kemudian dimasukkan ke dalam ring lawan. Permainan basket sangat cocok untuk ditonton, karena pertandingan bola basket dilakukan di ruang olahraga tertutup. Wajar saja, permainan bola basket hanya memerlukan lapangan yang relative kecil.

Permainan bola basket ini sangat mudah untuk dipelajari, karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika melempar atau memantulkan bola tersebut.

c.       Voli

Permainan voli dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim berada pada posisi yang berbeda dan dipisahkan oleh net.

Setiap tim beranggotakan 6 orang. Terdapat pula variasi permainan voli pantai yang masing-masing tim hanya memiliki dua orang pemain.

3.       Olah Raga Air

Olah raga air merupakan salah satu olah raga yang banyak diminati. Adapun contoh dari olah raga air adalah sebagai berikut:

a.       Renang

Renang merupakan salah satu olahraga yang sangat umum. Bahkan hampir semua olah raga air mengharuskan pemainnya bisa renang. Dalam renang, ada bermacam-macam gaya yang biasa digunakan, baik gaya umum maupun gaya renang dalam sebuah pertandingan

b.      Loncat Indah

Loncat indah merupakan salah satu olah raga air yang memerlukan keahlian khusus. Orang harus bisa melompat dari papan lompat, kemudian melakukan gerakan akrobatik di udara sampai akhirnya terjun bebas ke dalam air.

c.       Selancar

Selancar merupakan salah satu olahraga yang bukan hanya memerlukan keterampilan, melainkan juga keberanian. Selancar  biasa dilakukan di laut dengan ombak yang tinggi. Semakin tinggi ombaknya, semakin asyik berselancar

Selancar memerlukan papan selancar yang dunianya sebagai pijakan untuk bermanuver di atas ombak laut. Perselancar harus bisa mengendalikan dengan baik papan selancarnya. Teknik yang benar adalah dengan cara mengikuti arus ombak sambil terus menjaga keseimbangan badan, supaya terus bertahan dan tidak terjatuh ke laut.

4.       Olah Raga Udara
Olahraga udara tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terlebih dahulu harus berlatih dan menggunakan berbagai alat pengaman. Adapun contoh olahraga udara, antara lain sebagai berikut:

a.       Paralayang

Paralayang biasa disebut paragliding. Olahraga satu ini memanfaatkan parasut besar untuk terbang bebas di udara. Paralayang adalah olah raga yang sangat mengasyikkan, karena kita bisa terbang di udara sekaligus menikmati pemandangan berbagai tempat dari ketinggian.

b.      Terjun Payung                                                         

Terjun payung merupakan olah raga yang bisa dilakukan, baik secara perorangan mau pun berkelompok. Berbeda halnya dengan paralayang yang selalu terbang menggunakan parasut, terjun payung hanya memakai parasut ketika akan mendarat.

Apabila ingin terjun payung, terlebih dahulu harus menaiki pesawat. Pada ketinggian tertentu seseorang bisa terjun dari persawat dan kemudian terbang bebas di udara dengan kecepatan tinggi. Selama terjun payung, seseorang bisa melakukan berbagai gerakan akrobati di udara, misalnya salto atau membentuk formasi secara berkelompok.



0 komentar:

Poskan Komentar